SYARAT DAN TAHAPAN PENDAFTARAN KIP KULIAH TAHUN 2025

Persyaratan Peserta:
  1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA/sederajat yang lulus pada tahun 2025, 2024, dan 2023 serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki Potensi Akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP);
  4. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kecamatan/Desa/Kelurahan
Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:
  1. Registrasi Online
    Calon mahasiswa mengunjungi situs resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id untuk membuat akun dan memilih menu Seleksi Mandiri PTS Institut Teknologi dan Bisnis Maritim Balik Diwa
  2. Penerimaan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses
    Setelah akun dibuat, sistem mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke email yang telah didaftarkan.
  3. Pengisian Data di Akun
    Calon penerima masuk kembali ke akun KIP Kuliah dan melengkapi seluruh data yang diminta hingga status pendaftaran menjadi Lengkap.
  4. Pengumpulan Berkas Fisik ke Kampus
    Setelah data lengkap, calon penerima menyiapkan dan menyerahkan dokumen fisik ke kampus sesuai persyaratan, yaitu:
    • Formulir dan Kartu Pendaftaran KIP Kuliah (diunduh dari akun).
    • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.
    • Fotokopi Kartu KIP/KKS/Kartu PKH.
    • Fotokopi ijazah SMA/sederajat dan transkrip nilai.
    • Foto keluarga.
    • Foto rumah tampak depan dan ruang keluarga.
    • Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kecamatan/Kelurahan/Kepala Desa.
    • Fotokopi PBB dan kuitansi pembayaran listrik.
  5. Proses Verifikasi
    Berkas yang sudah dikumpulkan akan diverifikasi dan diseleksi oleh pihak kampus untuk menentukan kelayakan sebagai penerima KIP Kuliah.
Share it :
Scroll to Top